Iklan

Ruang Lingkup Analisis Makroekonomi

Ruang Lingkup Analisis Makroekonomi - Pada kali ini dayatubp coba berbagi pelajaran yang sudah di pelajari dari waktu semester 2 di kampus yang mana tentang Ruang Lingkup Analisis Makroekonomi.

Ruang Lingkup Analisis Makroekonomi
Ruang Lingkup Analisis Makroekonomi

BAB 1

Ruang Lingkup Analisis Makroekonomi

Teori atau analisis dalam ilmu ekonomi dibedakan menjadi dua bentuk mikroekonomi dan makro ekonomi. Sebagian dari anda mugkin sudah mengenal dan mempelajari teori mikro ekonomi dari buku yang di tulis di buku sebelumnya. Buku itu merupakan pelengkap kepada buku tersebut, dalam 
buku ini akan di terangkan analisis dasar yang tergolong dalam teori makro ekonomi, apabila teori yang terdapat dalam mikroekonomi dan makroekonomi sudah anda pelajari anda akan telah mengenal teori-teori dasar yang terdapat dalam ilmu ekonomi.

Untuk dapat memahami analisis dan teori yang akan di terangkan dalam bab-bab berikut, dalam bab ini terlebih dahulu akan di terangkan corak dan ruang lingkup analisis makroekonomi , yaitu aspek-aspek dari kegiatan dalam ekonomi yang akan di terangkan dalam teori tersebut, di samping itu bab ini akan menerangkan pula tiga aspek berikut.

Dari Mikro Ke Makroekonomi

Dalam bab satu buku mikroekonomi telah secara ringkas di terangkan pebedaan di antara mikroekonomi dan makroekonomi. Salah satu aspek yang membedakanya adalah corakdari setiap analisis yang di buat. Analisis-analisis  dalam teori mikroekonomi pada umumnya meliputi bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Dalam teori makroekonomi yang di analisis adalah kegiataan seorang konsumen, suatu perusahaan atau suatu pasar.

Analisis-analisis dalam teori makro ekonomi lebih global atau lebih menyeluruh sifatnya dalam makroekonomi yang di perhatikan adalah tindakan konsumen secara keseluruhan kegiatan-kegiatan keseluruhan pengusaha dan perubahan-perubahaan keseluruhan ekonomi. Atas dasar corak analisis yang berbeda ini ahli-ahli ekonomi membedakan teori-teori dasar dalam ilmu ekonomi kepada teori mikro dan makro.

Disamping perbedaan di atas, yang lebih penting lagi, mikroekonomi dan makroekonomi berbeda dalam ruang lingkup dan titik berat ( pokus ) analisisnya mikroekonomi lebih menitik beratkan kepada analisis mengenai masalah membuat pilihan untuk, mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber daya, mencapai kepuasan yang maksimum.
Sedangkan analisis-analisis dalam makroekonomi menerangkan tentang, bagaimana segi permintaan dan penawaran menentukan tingkat kegiatan dalam perekonomian , masalah-masalah utama yang selalu di hadapi setiap perekonomian, peranan kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mengatasi masalah ekonomi yang di hadapi.

lanjutan...

Sumber : Teori pengantar makroekonomi edisi ketiga sadono sukirno

0 Response to "Ruang Lingkup Analisis Makroekonomi"